Peluang Kerja Lulusan Geografi

Geografi mungkin bukan jurusan yang sering dipilih dan ditekuni oleh banyak orang. Sebagian besar kita juga masih kerap bertanya apa sebenarnya kajian bidang ilmu Geografi serta peluang karier yang tersedia bagi lulusan ini. Geografi adalah disiplin ilmu yang luas. Dalam penjurusan atau spesialisasi, cabang ilmu Geografi pun cukup banyak. Luasnya cakupan jurusan Geografi menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, dengan demikian peluang karier untuk lulusan Geografi tidak terbatas.


Sebenarnya, apa itu Geografi? Geografi merupakan sebuah studi mengenai bumi, ciri fisik dan atmosfer pada aktivitas manusia dan bagaimana mereka saling berpengaruh. Ilmu ini berfokus pada tanah, iklim, ruang, populasi, kepadatan penduduk, perubahan lingkungan, bagaimana manusia bereaksi terhadap perubahan lingkungan, migrasi, dan banyak lagi.

Tidak seperti kebanyakan jurusan. Geografi merupakan gelar spesial untuk dimiliki. Sebab, Geografi memberi mahasiswa kesempatan untuk menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan menjadi pemberi informasi mengenai area tempat tinggal mereka, serta cara mereka untuk memperbaiki ketika sesuatu berjalan tidak semestinya.

Jika melihat lebih jauh, maka lulusan jurusan program studi (prodi) Geografi memiliki peluang karier yang sangat luas. Beberapa pekerjaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan, yakni Analis Kriminal, Konsultan Lingkungan, Astronom, Bagian Perencanaan Kota, hingga melakukan estafet ilmu dengan menjadi Dosen Geografi.

Keunggulan utama prodi geografi adalah peluang kerja yang besar, karena kebutuhan lapangan kerja lebih besar dari pada lulusan geografi yang dihasilkan. Di Indonesia hanya ada 3 Perguruan Ttinggi Negeri yang membuka prodi Geografi, yaitu UGM. UI dan UNNES, sehingga jumlah lulusan prodi ini masih terbatas sementara kebutuhan kerja meningkat seiring dengan dibutuhkan Informasi geospasial. Kebijakan Pemerintah pusat, tahun 1989 mengharapkan semua Bappeda propinsi dan kab/kota se Indonsesia harus memiliki ahli di bidang geografi, karena Lulusan geografi bisa berpeluang menjadi ahli lingkungan, hidrologi, manajemen bencana dll.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama (menguasai konsep-konsep geografi ,mengembangkan dan mengaplikasikannya dengan berbasis pengideraan jauh dan sistem informasi geografis secara profesional, bertanggungjawab, berkepribadian dan bermoral Pancasila).

Kompetensi Penunjang (menguasai metode dan teknik survei/penelitian secara spasial melalui citra penginderaan jauh, teknik pemetaan berbasis IT untuk kepentingan pengembangan manajemen dan mitigasi bencana, tata ruang dan wilayah).

Kompetensi Lainnya (memunculkan jiwa kewirausahaan di bidang jasa maupun produksi pemetaan, konsultan bidang konservasi lingkungan, handal sebagai pengajar dan pelatih bidang Geografi, pemetaan dan SIG, tourism guide di bidang pariwisata).

Lapangan kerja utama ;
1.   Instansi pemerintah : BPN, BLH, PU, BAPPEDA, BMKG, LAPAN, BKKBN, lembaga pendidikan, dll.
2.  Instansi swasta yang bergerak di bidang perencanaan wilayah, pemetaan, kependudukan, lembaga pendidikan swasta, dll.

2 komentar: