Geografi Sosial

Geografi sosial merupakan kajian dalam geografi manusia yang menjelaskan mengenai interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain maupun kelompok manusia disekelilingnya. Maksudnya, bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer maupun sekunder pasti akan memanfaatkan lingkungan sekitarnya.
Pengertian

Geografi Sosial dalam arti sempit merupakan salah satu cabang ilmu geografi, yang mempelajari atau mengkaji manusia. Sedangkan geografi sosial dalam arti luas yaitu suatu cabang ilmu geografi yang mengkaji manusia serta hubungannya dengan lingkungan sekitar baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat sosial, yang berkaitan dalam pemenuhan kebutuhan manusia itu sendiri, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Contoh geografi sosial dalam arti sempit : Geografi Populasi, contoh geografi sosial dalam arti luas : Geografi Manusia (mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan manusia : Sosial, Budaya, Politik, Ekonomi)

Konsep Dasar

a. Ruang, Keseluruhan tempat dipermukaan bumi yang menjadi tempat tinggal semua makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia, yang mana mampu digunakan bagi berbagai aktivitas manusia : Area perumahan, lapangan, ruang kelas, dll.

b. Proses, Tindakan yang dilakukan manusia untuk menyesuaikan / beradaptasi, serta memanfaatkan lingkungannya dalam kaitannya dengan relasi, interelasi, dan interaksi : Migrasi, urbanisasi, transmigrasi, dll.

c. Pola, Proses yang dilakukan secara terus-menerus, kontinyu, serta konsisten : Pola berbicara orang pegunungan (cenderung menggunakan nada yang rendah, karena dipegunungan hanya dengan nada bicara yang rendah sudah terdengar, sehingga ketika berada ditempat lain, suaranya sepeti tidak terdengar, karena sudah merupakan kebiasaan). Pola berbicara orang pesisir yang terlihat kasar disertai nada yang tinggi, seperti marah-marah, hal itu dikarenakan di pesisir suara percakapan seseorang, bersaing dengan suara deru ombak, agar bisa terdengar maka harus meninggikan nada bicara.

Perbedaan Masyarakat dengan Komunitas

Masyarakat merupakan sekumpulan manusia, yang kehidupannya didasarkan pada suatu nilai-nilai yang dianggap benar sehingga dianut, dalam wujud norma-norma baik tertulis maupun tidak tertulis, namun belum tentu memiliki tujuan yang sama meskipun diikat oleh persamaan wilayah. Komunitas merupakan sekumpulan manusia yang disatukan, oleh adanya persamaan misi dan visi, sehingga memiliki tujuan yang sama pada tiap-tiap anggotanya, biasanya memiliki persamaan pada persepsi atau kegiatan/aktivitas yang digemari (hobi). Komunitas merupakan bagian dari masyarakat.

Peran Pendidikan dalam Masyarakat, ditandai oleh:

a. Adanya anggapan bahwa orang yang berpendidikan itu lebih pintar, sehingga dijadikan sebagai contoh atau panutan
b. Adanya anggapan bahwa orang yang berpendidikan itu mengetahui semuanya, sehingga diperlakukan lebih istimewa (mengemban tugas-tugas yang penting)
c. Adanya anggapan bahwa orang yang berpendidikan itu lebih mudah mencapai suatu keberhasilan/kesuksesan
Ketiga hal diatas menyebabkan naiknya strata sosial seseorang menjadi lebih dihormati dan diperlukan istimewa.

Lingkungan

1. Lingkungan hidup alami, segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup (manusia), berupa komponen biotik, yang mana komponen-komponen tersebut mampu mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia : interaksi antara tumbuhan, hewan (mikro organisme) serta manusia. Lingkungan hidup alam, segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup, baik komponen biotik maupun abiotik, yang mampu mempengaruhi kehidupan makhluk tersebut : ekosistem (tempat) beserta rantai/jaring-jaring makanannya (interaksi)

2. Lingkungan hidup sosial, interaksi (aksi serta reaksi) yang terjadi antara individu (masyarakat) yang satu, dengan individu (masyarakat) yang lainnya, manusia membutuhkan manusia yang lain (karena makhluk sosial), meskipun hanya untuk sekedar berkomunikasi. Percakapan antara dua orang, interaksi yang terjadi pada suatu masyarakat, konflik, kerjasama serta gotong royong.
Lingkungan hidup binaan, segala sesuatu yang sudah mendapat campur tangan manusia, karena dimaksudkan untuk kesejahteraan manusia itu sendiri : waduk, komplek perumahan, embung, kolam, perkebunan, dll.
  • Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. Seperti ; sekolah, keluarga, perkumpulan, negara semua adalah masyarakat
  • Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar