Cocomesh Sebagai Pengendali Erosi

Cocomesh (coir net geotextille) atau jaring sabut kelapa merupakan anyaman yang dibuat menjadi jaring - jaring dari sabut kelapa. Cocomesh biasa di aplikasikan pada lahan miring (slope), tebing, taman, drainase bahkan pada bibir pantai guna melindungi garis pantai dari ancaman abrasi air laut. Teknologi sabut kelapa awalnya digunakan pada pembuatan jok mobil Mercedes, karena bahan sabut kelapa yang alami, tidak mempunyai bau, mempunyai kadar serap air yang tinggi, mampu menyerap bau di permukaannya, tidak berjamur, tidak akan berubah bentuk dan mempunyai masa Lifetime yang lama. Maka dari itu sekarang ini sabut kelapa banyak digunakan dalam industri furniture untuk pembuatan matras, sofa dan karpet.
Penggunaan sabut kelapa semakin meluas dengan ditemukannya teknologi dalam pengendali erosi berupa Cocomesh. Cocomesh sangat cocok di gunakan di lahan miring karena bahannya yang alami, media tumbuh tanaman, dapat menyerap air di saat curah hujan yang tinggi, mampu menyatu dan terdegradasi dengan tanah, menjadi humus di tanah yang kurang baik nutrisinya, serta mampu menjadi teras guna mengurangi kontak langsung air hujan dengan tanah di saat curah hujan tinggi. Produk kami juga telah banyak di ekspor ke negara - negara seperti Korea, Jepang, China, Jerman, Belanda dan Luksemburg.

Cocomesh juga digunakan untuk reklamasi bekas lahan tambang sesuai peraturan pemerintah kepada semua perusahaan yang melakukan kegiatan eksplorasi untuk melakukan penghijauan kembali terhadap lahan yang rusak setelah kegiatan penambangan berakhir. Cocomesh juga cocok di gunakan untuk lahan miring yang ada di sisi jalan atau jalan tol meskipun lahan tersebut sudah di aplikasikan dengan bored pille.






Sumber : http://longsor-abrasi.blogspot.com/

2 komentar:

  1. tolong masukan sumber tulisan
    http://longsor-abrasi.blogspot.com/

    BalasHapus