Potensi Geothermal Dunia Setara 40.000 GW

Total potensi panas bumi (geothermal) dunia menurut Organizing Committee World Geothermal Congress2010, Herman Darnel Ibrahim setara dengan 40.000 GW sedangkan kebutuhan energi dunia setara 15.000 GW. Potensi panas bumi yang sedemikian besarnya belum dioptimalkan pemanfaatanya bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara dunia.



Potensi geothermal dunia itu setara 40.000 GW sedangkan kebutuhan energi dunia setara 15.000 GW jadi geothermal sendiri secara teori dapat mengatasi keperluan energi dunia.

Sumber energi panas bumi berpotensi besar menggantikan energi fosil sebagai sumber energi. Perimbangan antara energi panas bumi dengan minyak bumi digambarkan Kepala Badan Geologi, R. Sukhyar. Potensi panas bumi Indonesia yang mencapai 28,1 GW jika keseluruhan resources-nya dipakai akan dapat menggantikkan BBM sekitar 12 milyar barel. Untuk diketahui bahwa cadangan minyak bumi Indonesia saat ini sebesar 6 milyar barel.

Indonesia merupakan pemilik sekitar 40% potensi panas bumi dunia. Pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi di Indonesia saat ini baru mencapai 4,2% (1.189 MW), terkait dengan peningkatan pemanfaatan panas bumi pemerintah telah menyusun Roadmap pemanfaatan panas bumi yang dituangkan dalam Kebijakan Energi Nasional dan mentargetkan pemanfaatan panas bumi menjadi 5% pada tahun 2025 atau setara dengan kapasitas PLTP sebesar 9.500 MW.

Kendala-kendala dalam pengembangan panas bumi akan terus diminimalkan sehingga pemanfaatannya dapat lebih dioptimalkan sesuai yang sudah ditargetkan. Beberapa kendala pengembangan panas bumi antara lain, tumpang tindih lahan (42,9 % dari total potensi Panas Bumi Indonesia berada di kawasan hutan lindung/konservasi), sinkronisasi RUKN dan RUKL dan kebijakan tarif sesuai kaidah bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar