Selatan Selat Sunda Simpan Potensi Gempa Terkuat

Mencapai 8,5-8,8 Skala Richter, berpotensi menciptakan tsunami

Gempa bumi merupakan bencana alam yang sulit diprediksi kapan terjadi dan berapa kekuatannya. Sampai saat ini teknologi yang dimiliki manusia hanya bisa melihat potensi-potensi gempa yang akan terjadi di suatu wilayah. Menurut Profesor Sri Widiyantoro, profesor seismologi pertama di Indonesia, Senin 27 Mei 2013 belum ada teknologi yang bisa memprediksi suatu gempa dan tsunami secara akurat. Para ahli baru bisa sebatas melihat potensinya.



Potensi-potensi gempa megathrust (besar) di Indonesia ada di selatan Selat Sunda. Itu berdasarkan peta gempa nasional yang menyatakan daerah itu memiliki potensi gempa sekitar 8,5 - 8,8 Skala Richter.

Ia menambahkan, informasi mengenai potensi kekuatan gempa itu harus diterjemahkan oleh para ahli teknik sipil (rekayasa) untuk mendesain bangunan yang dapat menahan gempa 8,5-8,8 SR.

Potensi gempa megathrust yang terjadi di kawasan selatan Selat Sunda itu juga berpotensi terjadinya tsunami. Oleh karena itu, para ahli-ahli tsunami juga harus membuat simulasi kekuatan tsunami yang akan menyerang wilayah daratan di kawasan Selat Sunda.

Lempengan Sumatera

Profesor Phil Cummins, pimpinan Ilmuwan Geoscience Australia dan Guru Besar bidang Bencana Alam dari Research School of Earth Sciences, Universitas Nasional Australia mengatakan, potensi gempa di Indonesia itu ada di sepanjang sebelah selatan Selat Sunda, yang berada di patahan lempengan Sumatera sampai Laut Andaman.

Seperti di kawasan timur Nias, kawasan barat Sumatera, kawasan selatan Jawa. Intinya, tempat-tempat itu berasal ada di empat lempengan tektonik utama.

Riset kegempaan yang memuat potensi kekuatan dan daerah terjadinya gempa harus diperdalam lagi untuk melihat maksimum kekuatan gempa.

Jadi yang harus dilakukan para ahli-ahli gempa adalah memberikan informasi maksimum kekuatan gempa. Sehingga bangunan-bangunan yang ada di daerah itu dirancang untuk tahan terhadap kekuatan maksimum gempa.

Bangunan di Jakarta

Saat ini, sudah ada studi retrofitting, yaitu melihat keadaan kekuatan bangunan-bangunan yang ada di Jakarta. Apakah sudah mengikuti building code (tahan gempa) yang baru. Jika belum maka perlu dilakukan retrofit atau upaya memperkuat bangunan.

Tidak dengan menghancurkannya, tapi menambahkan tulang-tulang bangunan, beton, dan lainnya. Para ahli rekayasa lebih menguasai soal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar