Solusi Mengatasi Masalah Lingkungan yang Ditimbulkan Pabrik

Banyaknya pabrik yang dibangun saat ini bukan hanya memberikan sumber pendapatan bagi masyarakat sekitarnya namun pabrik juga bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Karena banyaknya pabrik yang didirikan disekitar perumahan penduduk menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Pabrik didirikan untuk memberikan kesempatan kerja kepada penduduk sekitarnya namun masalah serius ternyata juga mengintai daerah yang padat dengan pabrik. Timbulnya masalah lingkungan ini berakibat bagi kesehatan penduduk disekitanya. Pembangunan pabrik yang tidak memperhatikan keadaan lingkungan sekitar itulah yang harus diperbaiki agar lingkungan tidak menjadi korban. Keadaan lingkungan yang kurang baik lama-kelamaan menimbulkan masalah bagi penduduk yang ada disekitarnya seperti wabah penyakit dan kerusakan ekosistem.


Lingkungan merupakan segala hal yang berada disekitar kita yang membentuk suatu ekosistem yang saling berhubungan satu sama lain. Sedangkan pabrik merupakan suatu tempat yang didirikan untuk memproduksi suatu barang oleh individu maupun kelompok dalam skala kecil maupun besar. Antara pabrik dan lingkungan terjadi hubungan yang sangat erat sehingga jika pabrik didirikan tanpa memperhatikan lingkungan pasti menimbulkan masalah lingkungan. Pembangunan pabrik seharusnya memperhatikan kondisi lingkungan sekitar lebih-lebih jika lingkungan tersebut berpenduduk padat. Seperti pembangunan pabrik tas misalnya, hal ini memang memberikan penghasilan bagi penduduk sekitar namun masalah lingkungan seperti pembuangan limbah pabrik yang sembarangan akan merusak lingkungan sekitar.

Masalah lingkungan di sekitar pabrik terjadi karena pembuangan limbah pabrik yang dilakukan sembarangan tanpa memperhatikan keadaan sekitarnya. Untuk mengatasi masalah lingkungan di sekitar pabrik tersebut ada beberapa cara diantaranya:


Lokasi

Walaupun lokasi pembangunan pabrik berada di sekitar perumahan namun pembangunan pabrik bisa dialokasikan pada tempat yang sedikit jauh dari perumahan penduduk. Jika pembangunan pabrik sedikit jauh dari perumahan penduduk.

Pembuangan limbah pabrik

Sekalipun harus membangun pabrik pada lokasi yang dekat perumahan penduduk, pembuangan limbah pabrik yang sembarangan mengakibatkan masalah lingkungan sekitarnya. Seharusnya pembuangan limbah pabrik ditempatkan pada tempat yang tepat agar tidak menimbulkan pencemaran di perumahan penduduk.

Penanaman pohon

Jika masalah lingkungan pada daerah pembangunan pabrik disekitar perumahan sudah terjadi, penanganan masalah ini selain dengan pembuangan limbah yang tepat juga bisa dengan penanaman pohon di sekitar pabrik. Penanaman pohon disekitar pabrik dan lingkungan sekitarnya berfungsi untuk menjaga udara tetap segar. Penanaman pohon ini bisa mengurangi masalah lingkungan seperti polusi akibat asap pabrik.

Walaupun pembangunan pabrik berada disekitar lingkungan penduduk, namun masalah lingkungan yang diakibatkan pabrik tetap bisa diatasi asalkan kita semua mau bekerjasama mengatasinya. Pabrik memberikan peluang kerja kepada banyak orang namun pabrik juga bisa menimbulkan permasalahan bagi lingkungan. Masalah lingkungan yang serius di sekitar pabrik harus segera diatasi agar semua ekosistem disekitarnya tidak menjadi korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar